Senin, 21 Oktober 2019

Olahraga Ketika Perut Kosong Ternyata Lebih Sehat, Benarkah?

Berita Satu - Jika pada umumnya seseorang merasa bahwa makan terlebih dahulu sebelum olahraga itu penting, perlu Kamu ketahui, dilansir dari DailyMail, justru olagraga dalam keadaan perut kosong memiliki manfaat kesehatan.
Penelitian di Universitas Bath dan Brimingham, membuktikan, olahraga dalam perut kosong membuat tubuh menjadi lebih efisien dalam menggunakan insulin yang disebut sensitif insulin. Dan, insulin yang terkontrol memiliki potensi untuk melawan diabetes tipe dua dan kondisi metabolisme lainnya.
Melibatkan 30 pria dengan obesitas yang dibagi menjadi dua kelompok intervensi. Selama enam minggu, satu kelompok diminta sarapan sebelum olahraga dan sebaliknya untuk kelompok satunya. 
Semua peserta juga diminta makan malam terakhir jam delapan malam sebelum olahraga keesokan paginya. Olahraga yang mereka lakukan adalah bersepeda tiga kali seminggu selama 50 menit. 
Hasilnya, peserta yang olahraga sebelum sarapan atau kondisi perut kosong justru lebih responsif terhadap insulin daripada mereka yang olahraga setelah makan.
"Jika Anda lebih sensitif terhadap insulin, kecil kemungkinan terkena diabetes tipe dua. Ketika sensitivitas insulin mulai buruk, itulah jalur pertama untuk diabetes tipe dua," jelas dr Javier Gonzales, dari University of Bath.
Para peneliti juga menemukan masalah kesehatan lain, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi. Kedua kelompok juga kehilangan berat badan tingkat kebugaran yang sama.
"Penelitian ini menunjukkan bahwa olahraga saat puasa atau perut kosong justru meningkatkan manfaat kesehatan dari latihan fisik tersebut," jelas dr Gareth Wallis dari University of Birmingham.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar