Kamis, 04 Juli 2019

Gempa Terbesar dalam Dua Dekade Terakhir Guncang California Selatan

Berita Satu - Gempa bumi terbesar dalam dua puluh tahun terakhir melanda California Selatan. Gempa yang mengguncang Long Beach sampai Las Vegas ini mengakhiri periode tenang tanpa gempa di wilayah tersebut.
Gempa mengguncang pada Kamis pukul 10:33 pagi waktu setempat dengan kekuatan 6,4 magnitudo. Pusat gempa terletak 201 km di timur laut Los Angeles. Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa, korban luka, atau kerusakan infrastruktur serius, namun pemeriksaan terus dilakukan.
Rumah Sakit Regional Ridgecrest melakukan evakuasi terhadap pasien karena khawatir akan dampak gempa. Sekitar 20 pasien dipindahkan, sementara para ahli memeriksa dampak gempa terhadap struktur bangunan rumah sakit.
"Untuk keadaan darurat yang sebenarnya, kami akan menstabilkannya dan kemudian membawanya ke tingkat perawatan yang tepat," kata Kepala Eksekutif rumah sakit James Suver dilansir dari laman LA Times, Jumat (5/7).
Walikota Ridgecrest Peggy Breeden mengatakan kotanya banjir bantuan dari kota-kota tetangga. Sejumlah pejabat seperti Senator Kevin McCarthy dan Senator Kamala Harris, bahkan Gedung Putih, ikut turun tangan.
"Dengan semua kerja sama ini, kami berharap kami akan dapat beralih dan tidak melihat terlalu banyak hal buruk terjadi," kata Breeden.
Gempa yang diperkirakan telah dirasakan oleh sekitar 15 juta orang, adalah yang terbesar dengan pusat gempa di California Selatan sejak gempa Hector Mine yang melanda Gurun Mojave pada tahun 1999.
Sebelum gempa Kamis lalu, gempa-gempa yang melanda selalu berkekuatan 6 magnitudo ke atas. Para ahli menjelaskan bahwa periode tenang tanpa gempa akan berakhir.
Gempa kali ini sama seperti gempa California lainnya yang datang secara acak dan tidak dapat diprediksi. Lokasi California yang terletak di perbatasan antara lempeng Amerika Utara dan Pasifik adalah alasan utama mengapa dapat datang kapan saja. []


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar