Selasa, 23 Juli 2019

Jauhi si Kecil dari Gigitan Nyamuk Karena Berdasarkan Data sudah Membunuh 400.000 Balita Tiap Tahun,

Berita Satu - Nyamuk merupakan binatang kecil yang mudah ditemui di rumah ataupun tempat yang memiliki intensitas kelembaban yang tinggi, gelap serta genangan air. Walaupun kecil, binatang ini bisa meyebabkan munculnya beberapa penyakit mematikan dan juga berbahaya. 
Berdasarkan data yang keluarkan WHO, Nyamuk menyebabkan 400 ribu kematian per tahun, dimana sebagian besar terjadi pada Anak dibawah usia 5 tahun atau balita. Penyakit yang dideritanya sangat beragam seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), Malaria, dan Chikungunya
 
Maka pada kesempatan ini, sangat penting untuk orangtua lebih menjaga Anaknya agar tidak terkena gigitan Nyamuk. Dilansir AkuratHealth dari laman BoldSky, berikut beberapa langkah untuk mencegah Nyamuk menggigit Si Kecil.
 
Pakai pakaian berwarna cerah
 
Ternyata Nyamuk lebih tertarik dengan pakaian yang berwarna gelap. Untuk itu, bunda disarankan untuk memakaikan pakaian yang berwarna lebih cerah pada Si Kecil, dengan bahan kain tebal tentu tidak ketat. Ini akan memberikan perlindungan lebih agar terhindar dari gigitan Nyamuk
 
Menjauh dari sarang Nyamuk
 
Nyamuk biasanya bersarang dan berkembang biak pada area air yang tergenang, tempat sampah, kebun, ataupun makanan yang tidak tertutup. Untuk itu, lebih baik menjaga jarak Si Kecil dari tempat tersebut agar terhindar dari gigitan Nyamuk.
 
Tutupi jendela dengan kain 
 
Cara ini terbilang cukup efektif. Jika kamu menutupi beberapa tempat seperti jendela ataupun lubang lain yang ada di rumah, akan dapat mencegah Nyamuk masuk. Kamu juga bisa juga menggunakan kelambu. Terutama pada malam hari yang biasanya Nyamuk lebih aktif.
 
Jika kamu sudah melakukan cara di atas, sudah dipastikan Si Kecil akan tidak mudah terkena penyakit akibat gigitan Nyamuk karena sudah dapat dicegah. 
Jika sudah terlanjur terkena gigitan Nyamuk, tentu rasa tidak nyaman akan muncul pada tubuh. Nah kali ini ada dua cara simpel yang bisa kamu lakukan di rumah. 
 
 
Bukan hanya baik untuk kesehatan rambut, ternyata lidah buaya juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh gigitan Nyamuk. Anti-inflamasi tersebut berkerja mengurangi peradangan. Kamu juga bisa merasakan efek untuk mengurangi rasa gatal pada tubuh. 
 
Punakan benda dengan panas terkonsentrasi
 
Menurut beberapa penelitan, bentuk panas yang terkonsentrasi mampu mengurangi rasa gatal dan ketidaknyaman dalam 10 menit. Panas dipercaya mampu menghancurkan protein yang menyebabkan gatal pada tubuh. Kamu bisa menggunakan beberapa benda seperti sendok yang dipanaskan lalu oleskan ke tempat yang gigit Nyamuk, atau bahan lain yang sifatnya mampu mengonsentrasi panas.[]


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar