Kamis, 01 Agustus 2019

Ingin Touring Menggunakan Mobil? Ikuti 7 Tips Ini Agar Lebih Aman

Berita Satu - Berkumpul bersama rekan-rekan komunitas menjadi salah satu cara untuk mengusir rasa jenuh di tengah rutinitas pekerjaan. Bagi komunitas otomotif, tak jarang waktu berkumpul diisi dengan kegiatan seperti touring bersama.
Berbeda dengan berkendara sendirian, dibutuhkan kewaspadaan yang lebih untuk menjaga keamanan saat touring dan kerja sama dengan anggota lainnya. Salah satu komunitas otomotif yang sudah lama terbentuk, 'Trailblazer Indonesia' (TBZI) pada tanggal 29-30 Juni lalu melakukan kegiatan touring ke Pantai Anyer.
Wadah bagi para pecinta Chevrolet ini juga membagikan sejumlah tips meningkatkan keamanan dan kenyamanan pada saat touring bersama komunitas. Berikut tips yang dapat dijadikan sebagai panduan untuk mengadakan kegiatan touring bersama komunitas:
1. Periksa kondisi kendaraan
Terlepas dari cara mengemudikan kendaraan, penting bagi seorang pengendara untuk mempelajari hal dasar seperti memeriksa kondisi kendaraan sebelum bepergian. Periksa kondisi kendaraan seperti lampu, oli, rem, ban, dan air wiper. Selain itu, jangan lupa memeriksa kondisi ban cadangan.
Pastikan juga bahan bakar penuh dan tidak habis setidaknya sampai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) berikutnya. Serta periksa apakah ada cairan yang berasal dari kebocoran pada salah satu komponen kendaraan.
2. Persiapkan nomor layanan yang dapat dihubungi saat darurat termasuk layanan derek mobil
3. Rencanakan rute yang akan dilalui
Cek rute perjalanan Anda untuk memastikan tempat pemberhentian penting yang mungkin diperlukan, seperti tempat peristirahatan, SPBU untuk mengisi bahan bakar, dan bengkel untuk keadaan darurat. Anda juga bisa memanfaatkan fitur petunjuk arah (GPS) untuk memastikan bahwa Anda tetap berada di arah yang benar.
4. Siapkan barang bawaan
Rencanakan barang-barang bawaan Anda untuk memastikan segala kebutuhan dalam perjalanan dapat terpenuhi dan kabin serta bagasi tidak penuh sesak dengan barang-barang yang tidak diperlukan. Beberapa perangkat seperti powerbankcharger ponsel mobil, lampu senter, cable jumper serta kotak P3K sangat diperlukan terutama dalam keadaan darurat.
Jangan lupa untuk menyiapkan tali pengikat bagasi, agar barang pada bagasi tidak bergeser dan mengganggu konsentrasi. Juga sediakan camilan atau makanan ringan sebagai teman perjalanan dan pengganjal disaat lapar, berguna ketika jarak perjalanan masih jauh menuju rumah makan terdekat.
5. Tertib lalu lintas
Kegiatan touring biasanya melibatkan konvoi kendaraan dalam jumlah banyak. Maka, sangat penting untuk tetap menjaga rangkaian, namun tetap harus mengutamakan peraturan lalu lintas.
Hal itu agar tidak mengganggu kenyamanan dari pengguna jalan yang lainnya. Selain itu, rangkaian di depan sebaiknya menunggu anggota lain yang terputus karena lampu merah.
6. Pastikan komunikasi lancar
Berkonvoi dengan mobil memerlukan kemampuan berkendara secara teratur dan tertib selama di jalan dan pastinya sesuai dengan rangkaian acara touring yang sudah disusun.
Untuk menjaga kondisi teratur tersebut, menjaga komunikasi tiap kendaraan anggota menjadi aspek penting, termasuk navigasi dan koordinasi dalam perjalanan agar waktu menuju lokasi tujuan sesuai dengan susunan rangkaian acara.
Fitur MyLink yang telah disematkan pada Chevrolet Trailblazer juga dilengkapi dengan Siri Eyes Freedan software pengenal suara, pengemudi dapat memberikan perintah verbal termasuk untuk melakukan panggilan telepon, sehingga tidak perlu melepas tangan dari kemudi.
7. Berhenti di titik yang telah ditentukan
Selama perjalanan jarak jauh, ada banyak hal yang bisa merepotkan pengendara seperti buang air kecil atau mengisi bahan bakar. Karenanya, panitia harus menentukan titik lokasi pemberhentian seperti di tempat ibadah dan SPBU.
Salah satu anggota TBZI, Budi Harnata mengatakan pihaknya selalu memperhatikan aspek keselamatan berkendara, terutama ketika melakukan kegiatan touring.
"Oleh karena itu, pembekalan keselamatan berkendara pada anggota selalu kami terapkan sejak masa persiapan hingga selama aktifitas touring berlangsung. Kami berharap, kami dapat memberikan contoh yang baik pada masyarakat dan komunitas otomotif lainnya," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima AkuratOtomotif, Kamis (1/8/2019).
Sementara itu, External Affairs & Communications Director GM Indonesi, Yuniadi Haksono Hartono mengungkapkan Chevrolet Trailblazer adalah kendaraan SUV 7-seater dengan beragam fitur lengkap.
Untuk mendukung keselamatan selama berkegiatan touring, pengendara menurutnya dapat mengandalkan fitur keselamatan aktif Trailblazer, seperti Lane Departure WarningSide Blind Zone AlertRear Cross Traffic Alert, dan Forward Collision Alert.
Saat ini, calon konsumen juga dapat merasakan pengalaman menggunakan Chevrolet Trailblazermelalui sesi Test Drive dalam mall ekshibisi Chevrolet 101 Festival yang berlangsung di Mal Puri Indah, Jakarta, mulai dari tanggal 30 Juli hingga 4 Oktober 2019.
Selama perhelatan Chevrolet 101 Festival, Chevrolet menawarkan serangkaian program-program menarik bagi para pelanggan yang ingin membawa pulang mobil Chevrolet, seperti DP ringan mulai IDR 20 jutaan, cicilan ringan mulai Rp2 jutaan dan bunga 0 persen untuk dua tahun.

Sumber : Akurat.co

1 komentar:

  1. AJO_QQ poker.https://ajokartu.com^^online 24 jam.
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus